Cara Tepat Menggunakan Sosial Media Sebagai Bisnis Online Anda

Cara Menggunakan Sosial Media Sebagai Bisnis Online AndaOke dan kali ini santri cerdas akan berbagi tips tentang menggunakan sosial media sebagai perantara bisnis anda,

Sosial media memiliki peranan yang penting dalam perkembangan bisnis online saat ini. Hanya saja dengan banyaknya sosial media yang berbeda, kita harus mampu mengetahui  jenis pemasaran yang cocok untuk bisnis yang dijalankan. Setiap platform memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain.



Untuk anda yang baru merintis bisnis, tentu sangat sulit untuk menggunakan semua sosial media kecuali jika anda mempekerjakan orang khusus untuk itu. Waktu sangat berharga dan perlu diatur sebaik-baik mungkin,  sehingga langkah terbaik adalah mencari platform sosial media yang paling tepat digunakan.

Nah Berikut adalah langkah-langkah memilih sosial media yang paling tepat untuk bisnis anda:


1). Menetapkan Target pasar

Ada baiknya sebelum menetapkan target pasar, lakukan riset terlebih dahulu. Jika hasil riset sesuai dengan rencana awal maka gambaran mengenai siapa target pasar sudah bisa didapatkan. Hal ini akan memudahkan dalam menentukan jenis sosial media yang digunakan.Untuk melakukan riset guna mencari target pasar, anda bisa menggunakan tools. Salah satu yang paling popular adalah sproutsocial.

Misalnya target pasar anda adalah anak muda/remaja, anda bisa menggunakan sosial media yang berkembang pesat dan sedang diganrungi anak muda seperti instagram. Lain halnya jika target pasar anda adalah usia 30an, anda bisa menggunakan facebook yang usernya mencakup semua jenjang usia. Dan jika target pasar anda adalah seorang professional, menggukan linkedIn bisa menjadi opsi yang menarik Bahwa Inilah Pekerjaan Online yang dapat Menghidupi Anda



Selain itu anda bisa menetapkan sosial media yang digunakan berdasarkan gender target. Misalnya jika target pasar anda adalah perempuan maka pinterest sangat cocok untuk digunakan.

2).Menetapkan Patokan Waktu

Memerlukan waktu  lama untuk melakukan update di sosial media apalagi jika anda menjalankan bisnis seorang diri. Untuk itu sebaiknya pilihlah sosial media yang cocok dikelola dengan pertimbangan waktu yang sedikit. Misalnya Instagram.

Lain halnya jika anda bekerja secara team work dan melakukan pembagian tugas. Perusahaan besar menggunakan strategi ini dalam mengelola sosial media mereka. Anda bisa melakukan update di banyak sosial media sekaligus yang membutuhkan waktu cukup lama semisal facebook dan twitter. Serta jangan lupa untuk membuat konten di website bisnis anda kemudia share di sosial media yang telah digunakan.


3). Menyesuaikan dengan jenis Produk

Jenis produk yang dijual turut mempengaruhi sosial media apa yang sebaiknya digunakan. Jika produk berupa barang yang sering digunakan kalangan professional dan berharga diatas rata-rata, linkedIn merupakan sosial media yang cocok. Tentu cara anda memasarkannya juga harus bersikap professional .


Tapi jika produk yang anda jual adalah untuk anak muda, twitter dan instagram bisa anda maksimalkan. Karena terdapat fitur retweet atau regram didalamnya. Dengan gambar, video atau gif yang menarik, produk anda bisa menjadi viral di kalangan anak muda.

4). Menentukan konten apa yang ingin dibuat

Dalam memasarkan produk, konten berperan signifikan. Jika anda senang dengan dunia fotografi maka memasarkan produk dengan gambar-gambar yang menarik bisa menjadi opsi, Facebook dan Instagram merupakan sosial media yag cocok. Lain halnya jika anda senang dalam membuat video panjang, maka Youtube sangat cocok bagi anda. Tapi jika berupa video pendek, maka sebaiknya kembali ke Instagram.

Intinya adalah anda melakukan pemasaran sesuai dengan hobby dan kesenangan anda sehingga dalam prosesnya tidak ada beban sama sekali, malahan dilakukan dengan rasa senang. Hal ini penting karena memasarkan produk di sosial media membutuhkan konsistensi dan jangka waktu yang lama. Bisa beberapa minggu, beberapa bulan, bahkan setahun lebih untuk baru kelihatan hasilnya.



Jadi itulah tadi langkah-langkah dalam memilih sosial media yang tepat untuk bisnis agar menjangkau sasaran. Pastikan anda menetapkan target pasar, menetapkan patokan waktu dalam mengolah sosial media, sesuaikan dengan jenis produk yang akan anda jual dan terakhir menentukan jenis konten yang akan dibuat. sekian Semoga bermanfaat. 

0 Response to "Cara Tepat Menggunakan Sosial Media Sebagai Bisnis Online Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel