Ciri orang yang punya bakat dibidang bisnis online ala santri marketer

mengenal ciri orang bakat bisnis online
Jika di dengar sekilas yang namanya bisnis online memang sangatlah menggiurkan, akan tetapi dalam menjalankan bisnis online ini tidaklah segampang update status di facebook, menjalan sebuah bisnis Online bisa dibilang gampang gampang dan susah, terkadang ada seseorang yang sangat mudah untuk meraih keuntungan dari hobinya berbisnis online, dan ada juga yang gagal berkali kali tanpa ada kemajuan sama sekali dalam bergelut di bidang Bisnis Online,


Sebenarnya orang yang cerdas dalam mengelola dan menjalankan sebuah bisnis online itu memiliki ciri-ciri khusus dalam kepribadianya,, maka dari itu bagi anda yang mau terjun di bidang Bisnis Online alangkah baiknya jika anda mengevaluasi diri mengenai potensi yang ada pada diri masing-masing, dengan begitu anda bisa mengetahui bakat dan potensi anda di bidang apa, dan bisa anda perbaiki mulai saat ini juga jika ada yang kurang baik,

Secara umum Berikut adalah tanda tanda seseorang yang memiliki bakat di bidang Berbisnis Online

1). Mempunyai semangat yang tinggi
Menjalankan Bisnis online mulai dari 0 hingga sapai bisa sukses tidaklah semudah membalikan telapak tangan, dan pastinya semua itu akan butuh proses yang sangat panjang,,, maka dari itu untuk menjalankan sebuah bisnis online kita harus mempunyai semangat yang tinggi,

Kita harus selalu bersemangat untuk menciptakan inovasi baru dalam bisnis, dan terus bekerja keras untuk mencapai tujuan. Jika kita tidak memiliki keduanya, maka semangat yang dirasakan mungkin hanya akan terasa di awal saja.

2). Jiwa sosialisasi tinggi
Seorang pembisnis juga harus cerdas dalam bersosialisasi, ini merupakan bakat yang juga mudah dilihat dari sisi seseorang. Bisnis akan banyak terhubung dengan banyaknya teman, termasuk juga dengan pelanggan.

Maka dari itu, milikilah bakat Sosialisasi yang baik dan ramah, serta mudah dimengerti oleh semua orang. Bersosial yang baik dalam bisnis, akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis.

3). Cerdas dalam mniumbulkan sebuah Ide
Seorang pembisnis Online, Online marketer selalu mempunyai ide cerdas serta kreatif,  Ide kreatif akan memberikan pengaruh baru pada bisnis yang sedang di jalankan. Ide kreatif juga harus dimiliki saat mengambil keputusan dalam bisnis itu sendiri.

 4). Tidak mudah menyerah
Dalam dunia bisnis Online sudah jelas dan pasti jika ada suatu kegagalan, maka dari itu Online Marketer harus punya jiwa yang tangguh, pantang menyerah,, tidak mudah goyah,, dan tetaplah Fokus pada tujuan masing-masing, wajar saja jika dalam Bisnis online pertama atau yang kedua gagal,, mungkin kesuksean anda ada pada Nomor 3.,, 

Dan memang benar membangun sebuah Bisnis online sangatlah tidak mudah,, dan sebagai contohnya Bang zakky Bukalapak.com,

Dan berikut adalah motivasi untuk anda, kisah suksesnya bang Zakky CEO bukalapak.com

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -Kesuksesan yang diraih pendiri sekaligus CEO Bukalapak, Achmad Zaky tidak datang dengan sendirinya. Setidaknya ada tiga hal yang telah mengubah hidupnya. Semua itu dipaparkan Zaky dalam kuliah umum di hadapan ribuan mahasiswa dari Institut Teknologi Bandung (ITB) beberapa waktu lalu.

"Saya berasal dari kampung di pinggir Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Saya bukanlah anak paling pintar di kampung tersebut. Orangtua saya juga bukan paling kaya, keduanya guru mengajar di SMP sekitar rumah. Tapi saya beruntung mereka memikirkan saya, mendidik saya, dan menabung agar saya bisa kuliah di universitas terbaik. Inilah keberuntungan pertama saya dalam hidup. Dan saya kira adik-adik semuanya yang sudah kuliah di salah satu universitas terbaik, sudah jauh lebih beruntung dari saya. Kita harus bersyukur karena ini. Manfaatkanlah keberuntungan ini dengan sebaik-baiknya," ungkap Zaky.

Sebagai mahasiswa dari daerah, Zaky mengaku bahwa kuliah di ITB tidaklah mudah. Ia sempat tidak percaya diri karena banyak mahasiswa ITB yang pintar. Tapi ternyata disanalah keberuntungannya selanjutnya. Ia berteman dengan orang-orang yang jauh lebih pintar. Salah satu teman dekatnya adalah mahasiswa paling pintar di ITB, yang tidak pernah mendapatkan nilai selain A selama kuliah di ITB 4 tahun.

"Satu minggu sebelum ujian biasanya saya datang ke kosan dia untuk belajar. Jadi menjelang hari H saya siap betul. Ketika H-1 teman saya banyak bertanya ke saya soal ujian, pasti bisa, wong saya sudah belajar dari mahagurunya. Dengan mengajari teman-teman, saya juga jadi lebih pintar. Mereka tidak tahu bahwa saya sebelumnya belajar dari Fajrin. Namanya Fajrin Rasyid, dia kini jadi salah satu pendiri dan CFO di Bukalapak," jelas Zaky.

Ia selalu senang hal baru. Menurutnya, hal baru memberikan pembelajaran baru dan wawasan baru. Kampus ITB dimanfaatkannya juga untuk mengeksplor hal-hal baru. Kemudian ia bergabung dengan banyak organisasi sewaktu di ITB.

"Dari KM ITB saya belajar berpikir kritis (kadang sering demo). Dari himpunan saya belajar kekompakan. Dari Menwa saya belajar kedisiplinan dan ketahanan. Dari ARC saya belajar bagaimana ngoprek dan memecahkan suatu masalah," ungkap Zaky.

Suatu ketika, Zaky dikontak oleh sebuah stasiun televisi untuk membuat sebuah software quick count pemilu, mereka mendapatkan referensi dari temannya. Zaky pun meyakini bisa melakukanya dan menerima tawaran tersebut.

"Mereka bertanya berapa biayanya? Saya jawab 1,5 juta. Hitung-hitungan saya, uang tersebut cukup untuk 6 bulan hidup, toh cuma 7 hari pengerjaannya. Pasti untung, wong tidak ada biaya," kata Zaky.

Pagi-siang-malam ia begadang mengerjakan software tersebut di kosan (Tubagus) dan akhirnya di hari H software tersebut lancar disiarkan di stasiun TV nasional. Namun belakangan ia baru mengetahui nilai proyeknya ratusan juta. Tapi ia tidak menyesal karena setelahnya ia yang masih kuliah tingkat 3 waktu itu, mendapatkan kepercayaan dari stasiun TV nasional untuk project selanjutnya, yang tentu nilainya kini berbeda dari sebelumnya.

"Saya naikkan 10x lipat dan mereka masih mau! Kesenangan inilah yang menjadi momen penting dan jatuh cintanya saya pada dunia software," ucap Zaky.

Setelah lulus, Zaky sejenak pulang kampung. Ia mengamati banyak sekali tetangga di kampung yang memiliki usaha kecil, tapi pendapatannya masih sama dengan belasan tahun sebelumnya, padahal ada inflasi. lnilah yang menjadi inspirasi awal pembuatan software lanjutannya, supaya software tersebut bisa membuka kesempatan bagi usaha-usaha kecil untuk melebarkan sayap dan berkembang lebih besar lagi.

"Perjalanan baru pun dimulai. Saya mencari nama dan domain. Dari ratusan nama yang saya daftar, terpilihlah Bukalapak. Selain harganya murah 90 ribu, nama ini menggambarkan misi software ini, bahwa siapapun bisa semudah menggelar tikar atau lapak dengan software. Siapapun bisa berbisnis dan menjadi besar lewat Internet," ungkapnya.

Ia juga memutuskan mencari partner, karena misi besar ini tidak bisa saya bangun sendirian. Tidak banyak yang tertarik ketika saya utarakan konsep Bukalapak, tapi ia tidak menyerah. Zaky akhirnya dipertemukan dengan teman yang sebenarnya sudah lama satu jurusan dan juga satu SMA, Xinuc, saat ini CTO di Bukalapak. Dia tidak aktif organisasi, tapi senangnya ngoprek komputer di kosan.

Ketika Zaky menceritakan ide Bukalapak, temannya sangat bersemangat. Rupanya dia selama ini di kosan terus karena terobsesi dengan mesin. Bagaimana menciptakan mesin yang bisa secara bersamaan digunakan oleh jutaan orang. "Ini menarik," kata teman Zaky.

0 Response to "Ciri orang yang punya bakat dibidang bisnis online ala santri marketer"

Terimakasih sudah Tidak berkomentar ( SARA ). Silahkan berkomentar yang baik dan menarik sesuai dengan isi konten.
Komentar yang tidak diperbolehkan :

1). Berbau penghinaan SARA & PXXN
2). Komentar dengan Link hidup ( akan dianggap spam )
3). Komentar tidak nyambung dengan isi postingan

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel