8 Tips memperbaiki Komputer yang Hang Monitor tidak menyala

8 Tips memperbaiki Komputer yang Hang Monitor tidak menyala
Penyakit paling umum dan paling ditakuti oleh pengguna PC / Leptop adalah ketika Komputernya menyala tapi monitor tidak menunjukan Reaksi apapun, atau bahkan anda melihat lampu indikator PC menyala atau ada bunyi tetapi tidak ada apapun yang menyala di Monitor anda, Hal ini sering dalami oleh pengguna Komputer dan tentunya saya juga pernah mengalami hal seperti ini.

Ada beberapa faktor kenapa Monitor PC anda tidak menampilkan informasi apapun, Jika hal ini juga menimpa anda maka silahkan simak baik baik Tips dari Kang santri TKj.


Cara memperbaiki Komputer yang Hang, Monitor tidak menyala

Dalam memperbaiki masalah seperti ini kita perlu waktu hingga ber jam-jam, tergantung tingkat penyakit dari PC anda mengapa tidak ada indikasi apapun yang muncul pada monitor, mari kita cari tahu masalahnya.

1) Uji kesehatan  Monitor anda

Sebelum anda membuang waktu banyak untuk mengatasi masalah ini, alangkah baiknya anda mengecek Monitor anda terlebih dahulu, apakah masih dapat berfungsi dengan baik?, maka dari itu silahkan pastikan dulu apakah Monitor anda Berfungsi dengan baik.

Dan bisa saja ada kemungkinan Komputer/PC anda berfungsi dengan baik namun, monitornya terkena penyakit jantung.

2) Restart Komputer anda

Cobalah anda tekan Restart dan pastikan PC / Komputer anda benar benar mati, kadang tanpa kita sadari Sering kali komputer akan terlihat " tidak menyala " padahal sebenarnya itu hanya mengalami masalah saat bangun dari Mode Standby / Sleep atau mode Hibernate pada Windows.

NB: Anda dapat mematikan komputer Anda sepenuhnya saat berada dalam mode hemat daya dengan menahan tombol daya selama 3 hingga 5 detik. Setelah daya benar-benar mati, nyalakan PC Anda dan uji Lagi untuk melihat apakah PC / Komputer anda akan boot secara normal.

3) Cari tahu masalah Kode (BEB) Pada PC

Terkadang banyak yang tidak tahu tentang masalah yang satu ini ( Kode Beb Pada komputer ), Pastikan apakah PC anda berbunyi saat anda menyalakan PC anda?, Jika tidak mari kita lanjutkan,,

4) Hapus CMOS

Menghapus memori BIOS pada motherboard Anda akan mengembalikan pengaturan BIOS ke tingkat standar pabrik. Kesalahan konfigurasi BIOS dapat menjadi penyebab mengapa PC Anda tidak dapat berjalan NORMAL sepenuhnya.

NB: Jika sudah menghapus CMOS tapi tidak memperbaiki masalah Anda, pastikan setiap perubahan yang Anda buat pada BIOS diselesaikan satu per satu dengan benar, sehingga jika masalah kembali, Anda akan tahu penyakitnya dan dapat menerapkan perubahan yang menyebabkan masalah Anda.

4) Cek Power Supplay

Peran Power Supplay pada Komputer sangat penting, jadi silahkan anda cek power supplay anda apakah berjalan dengan Normal,

Biasanya Jika ingin tahu apakah Power supllay Normal silahkan anda sambung Kabel Power supplay yang berwarna Hijau + Hitam. Jika kipas berjalan artinya Power supplay anda berjalan Normal.

5) Copot RAM PC

Jika Monitor PC tidak menyala ada kemungkinan bahwa RAM PC terkena masalah, silahkan cek RAM anda dengan mencopotnya lalu memasangnya kembali, setelah memasang silahkan nyalakan Komputer anda kembali.

6) Nyalakan PC Anda dengan hardware yang paling penting saja.

Tujuan ini adalah untuk sementara melepaskan hardware sebanyak mungkin namun mempertahankan kemampuan komputer agar tetap menyala.

Penting: Langkah ini cukup mudah bagi siapa saja, tidak perlu alat khusus, dan bisa memberikan banyak informasi yang sangat berharga. Langkah ini tidak boleh diloncati apabila setelah semua langkah di atas, komputer Anda masih mendapatkan masalah yang sama.

7) Pasang kembali setiap hardware tambahan yang lain,

ujilah komputer Anda setelah setiap pemasangan satu hardware. Karena PC Anda dinyalakan hanya dengan hardware terpenting, komponen-komponen tersebut bekerja dengan benar. Ini berarti bahwa salah satu hardware tambahan yang dilepaslah yang menyebabkan komputer Anda mati dengan sendirinya. Dengan memasang hardware tersebut ke komputer Anda dan melakukan pengujian setelah setiap pemasangan satu hardware, Anda akan menemukan hardware yang menyebabkan masalah Anda.

8) Uji PC menggunakan Power On Self Test card

Jika komputer Anda tetap tidak menampilkan apapun pada monitor meski hanya dengan hardware yang penting saja, POST card akan membantu mengidentifikasi hardware mana yang bermasalah. Selamat berjuang 

0 Response to "8 Tips memperbaiki Komputer yang Hang Monitor tidak menyala"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel