Cara mengatasi PC Nyetrum saat disentuh

Cara mengatasi CPU PC yang sering Nyetrum saat di pegang/sentuh

Jika anda pengguna Komputer PC pasti anda pernah merasakan setruman Dari CPU Komputer, Walaupun anda tidak sengaja menyetrumkan tangan atau tubuh anda ke Komputer, memang Teganganya tidak Tinggi tapi walaupun begitu tetap saja bikin Kita kaget secara Reflek.

Buat terapi tangan enak mas,, itu, rasanya seperti di gelitikin, Itu urasan lain lagi. Karena sebagian dari pengguna PC pasti pernah mengalami kesetrum Body PC dan mengakibatkan Trauma dan takut untuk menyetuh Body PC Tersebut.

Dulu waktu saya masih awam masalah PC, Masih di bangku Sekolah SMK, kebetulan jurusan saya TKj jadi setiap hari di beri makan Komputer, Waktu itu saya diberi Tugas kelompok untuk membongkar dan memasang Komputer hingga menyalakanya kembali, Secara tidak sengaja saya memegang Cassing PC dan saya terpental seketika, Kaget!!

Memang benar Setrumnya Tidak sebesar setrum Pacar saya, Namun hal tersebut membuat saya kaget. Nah ,, biasanya PC yang nyetrum Terdapat dibagian Pinggir cassing atau Tombol power yang terbuat dari alumunium.

Hanya beberapa bagian saja yang memang terbuat dari bahan yang bisa menghantarkan arus listrik, selain itu penyebab kebocoran listrik keluar disebabkan Komputer anda tidak memiliki grounding yang baik jadinya PC Nyetrum kemana-mana.

Grounding atau pentanahan adalah system pentanahan yang terpasang pada suatu Instalasi Listrik yang bekerja untuk mentiadakan benda potensial dengan mengalirkan arus sisa dari tegangan atau arus dari sambaran petir ke bumi.

Cara pemasangan Grounding ini bisa menggunakan elekrtoda Khusus untuk pembumian yang di tanam di bawah tanah.

Fungsi Grounding:

1. Untuk Keselamatan

Grounding berfungsi sebagai penghantar arus listrik langsung, ke bumi atau kedalam tanah saat terjadi kebocoran isolasi atau percikan api saat Konsleting, Misalnya kabel Groundng yang terpasang pada tubuh alat Elektronik seperti strika listrik akan mencegah kita tersengat listrik saat rangkaian pada setrika bocor dan menempel ketububuh kita.

2. Dalam Instalasi Penangkal Petir

System Grounding sebagai penghantar arus listrik yang besar langsung ke bumi, meskipun sifatnya sama, Namun pemasangan kabel Grounding untuk instalasi rumah dan Kabel Grounding penangkal petir pemasanganya harus terpisah.

3. Keamanan Elektronik

Selain itu, Grounding juga berfungsi sebagai proteksi peralatan elektronik atau Instrumentasi sehingga dapat mencegah kerusakan parah akibat adanya kebocoran tegangan.

4. Menetralisir Cacat

Fungsi Grounding didunia elektronika adalah untuk menetralisir cacat ( Noice ) yang disebabkan oleh daya yang kurang baik, ataupun kualitas komponen yang tidak standar.

Anda bisa memasang Voltage meter, yang digunakan untuk menyetabilkan arus listrik yang berlebihan, Namun jika anda tidak punya modal silahkan buat Grounding dengan cara berikut ini:

1). Kabel kurang lebih 1 meter dan paku
2). Kupas kabel-kabel tadi dengan menggunakan tang atau bisa menggunakan gunting
3). Kendurkan salah satu, Buat pada Bodycassing
4). Kemudian lilitkan kabel yang telah di kupas tadi ke baut yang telah di kendorkan, dan kencangkan kembali baut yang telah dililitkan kabel tadi.
5). Selanjutnya lilitkan ujung kabel yang satunya dengan paku, dan tancapakan ke lantai atau jika Komputer anda posisinya lebih dekat dengan tembok, tancapkan ke tembok saja.

Untuk mengetahui hasilnya, Coba anda hidupkan kembali PC anda, apakah anda masih merasakan sengatan genit dari Cassing PC tersebut.

Nah itulah cara simpel mengenai Cara mengatasi Cassing PC yang sering nyetrum saat disentuh, Untuk anda yang masih belum paham silahkan,, Jika ada pertanyaan monggo di tanyakan.

0 Response to "Cara mengatasi PC Nyetrum saat disentuh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Join Our Newsletter