Islam Kamu Sudah Sempurna Tanpa haji

Islam Kamu Sudah Sempurna Tanpa haji ~ santricerdas.com

Haji itu wajib, hanya bagi yang mampu. Mampu biaya berangkat, tempat penginapan, keamanan perjalanan, kesehatan, uang jajan, ( dan kalau NU ) juga kelar selametan dan oleh-oleh buat njarah kaji.

Kalau utang masih numpuk, cicilan masih nunggak, rumah belum punya, transportasi untuk bekerja apalagi, uang jajan anak masih terasa berat, beli rokok aja ngecer, kadang utang pula, itu juga belum pasti nyaur, maka kewajiban itu gugur. Islammu sudah sempurna tanpa foto selfi di depan Kakbah.

Rumah Allah tidak hanya di Masjid al-Haram. Surau reyot di samping tempat tinggalmu itu juga rumah Allah. Azan parau kakek renta itu juga suara Gusti Allah. Mengelilingi jalan mengais rezeki itu juga tawaf.

Lari-lari kecil atau pun lari terbirit-birit saat dikejar utang itu juga sa’i. Melemparkan rasa malu untuk memenuhi kebutuhan keluarga itu juga lempar jumrah. Mencium istri, ( atau mencium duka kesendirian bagi jomblo ) itu juga mencium hajar aswid.

Selawatmu sudah ziarahmu pada Baginda Nabi. Kopi hitam panas itu lebih nikmat dari air zam-zam. Larutan cap kaki tiga malah lebih banyak khasiatnya. Apalagi minyak kayu putih cap lang. Naik kereta sudah mirip dengan naik pesawat. Kalau nggak mirip-mirip juga, pejamkan mata. Bayangkan Anda sedang berada di angkasa.

Orang miskin tidak usah terlalu melankolis untuk pergi ke Mekkah. Hingga mengorbankan apa yang seharusnya tidak perlu dikorbankan.

Islammu, sudah sempurna dengan perjuanganmu menapaki takdir kehidupan.

M. Nuchid

0 Response to "Islam Kamu Sudah Sempurna Tanpa haji"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Join Our Newsletter