Mengenal makna dari kata BAPAK dalam istilah jawa

Mengenal makna dari kata BAPAK dalam istilah jawa

Ketika kita dilahirkan di dunia, Bapak adalah orang yang bahagia kedua selain Ibu, Anak bagaikan bubuk penyemangat untuk kedua orang tua, Jika ibu adalah selimut bagi bapak ketika kedinginan, Maka, anak adalah serbuk penyemangat tatkala malas.

Bapak adalah seorang pemimpin keluarga, Juga seorang imam dari keluarganya, Bapak adalah pahlawan nyata!! Tanpa Bapak kita tidak akan bisa Lahir di dunia, ahh masa ?? Iyaa!! Terus siapa yang menggesek ibu? Kalau bukan bapak?

Bapak tak pernah menyerah jika sudah mencari secuil Nafkah, sesuai jatah yang telah di gariskan oleh Tuhan. sosok Seorang Bapak tidak akan memperlihatkan wajah susahnya dan melasnya, wajah mengeluh di hadapan anaknya. Begitu tangguhnya seorang bapak bagaikan super hero dalam keluarga kita.

Bapak adalah sosok penyayang,,, percayalah!! walaupun kamu kamu pernah di marahin bahkan pernah sampai di gepukin!! pakai sapu dan kayu, jika ada pecut sapi tetangga sebelah juga pasti digunakan untuk mengGepuk silitmu, hal ini jarang kita sadari, sebenarnya Itu adalah bukti kasih sayang seorang bapak.

Di karenakan jenis Bapak juga sangat bervariasi, ada seorang bapak yang blak-blaka menunjukan kasih sayangnya kepada anak, ada juga bapak yang tidak blak-blakan dalam memberikan sayang dan kasihnya.

Tapi apakah selama ini kita tahu Arti dari sebuah BAPAK?? Banyak orang mendefenisikan arti bapak sesuai dengan selera mereka, Maka dari itu, saya juga akan Mendefenisikan arti Bapak menurut saya.

Arti bapak yang sesungguhnya [ menurut saya ]

Ini menurut saya loh ya,, Sekiranya kamu gak trima silahkan caci maki saya di kolom komentar,,

B.A.P.A.K Menurut Istilah Jawa

Arti bapak ini saya dapatkan ketika saya mau Tidur, sambil Ngupil saya berangan-angan, Kenapa sih kog harus Bapak, Ayah, Papah, dan lain lain. Kenapa gak lainya.

Ternyata Orang jawa para nenek moyang terdahulu jika memberi nama sesuatu sudah pasti ada sebab dan akibatnya, salah satunya yaitu BAPAK.

Berikut arti Bapak menurut saya:

B: Bisoho

Bisoho sendiri jika diartikan Bahasa indonesia adalah Bisa ( harus bisa ) jika dalam bahasa jawa "Bisoho" Berarti seorang bapak harus Bisa dalam hal apapun. Bisa memberi nafkah, bisa memberi dekapan, bisa memberi kasih sayang, bisa menjadi imam yang keren, bisa menjadi contoh bagi keluarga, bisa memberi anak lagi. Intinya seorang bapak harus bisa, Mekipun hanya mewakili beberapa (B) di atas.

A: Aweh

Aweh, Jika di artikan ke bahasa Indonesia adalah " memberi " jadi bapak seorang bapak harus bisa memberi, memberi nafkah, memberi tahu, memberi kasih sayang, memberi contoh. selanjutnya terserah anda mau memberi apa.

P: Pawulang

Pawulang jika diartikan ke bahasa Indonesia adalah " Mengajari " Jadi, bapak harus bisa mengajari anaknya, entah itu mengajari hal-hal yang bersifat penting atau penting banget, mengajari hal hal yang berkaitan dengan masa depan anak, mengajari cara mendapatkan hati wanita, mengajari merokak dan Nyruput Kopi. dan setelahnya terserah anda.

A: Anak

Jika A yang Nomor dua adalah Aweh, maka A yang Nomor 4 adalah " Anak " anak bisa di ucapkan dalam bahasa indonesia maupun bahasa jawa, jadi saya kira tidak usah di artikan ke jawa atau indonesia lagi.

A yang nomoer 4 ini berkaitan erat dengan P di atas " PAWULANG " jadi, seorang bapak harus bisa mengajari anak, Contohnya seperti P di atas.

K: Kabih

Kabih jika diartikan ke bahasa Indonesia adalah " Semua " Artinya Jika kita Bapak, maka kita harus ( Bisa, Memberi, Mengajari, Anak, semuanya ). Jika anak kita 12 maka tugas bapak harus bisa memberi hal-hal tersebut kepada anak kita semua ( Kabih ).

Jika di pikir-pikir Arti bapak sangat berat sekali untuk di laksanakan, Itu menurut saya looh geis,, Jika menurut kamu tidak begitu, silahkan rubah sesuai dengan selera masing-masing.

0 Response to "Mengenal makna dari kata BAPAK dalam istilah jawa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel