Mencari serut batu di pegunungan Tuban

Mencari serut batu ~ santricerdas.com

Nah pada kali ini saya akan berbagi Pengalaman dan Info mengenai pohon Serut yang sudah lama menjadi buronan para Bonsainers, kali ini saya dan adik sepupu saya berburu serut di pegunungan semanding Tuban.

Pohon serut hingga kini masih banyak diminati oleh penghobi bonsai, Mungkin karena bentuk pohonya yang unik dan daunya yang cantik sehingga dapat menghipnotis siapa yang melihatnya. Selain canti dan unik, pohon serut yang identik dengan bebatuan juga menjadi salah satu alasan kenapa makin banyak peminatnya.

Serut batu merupakan jenis tumbuhan liar atau pegunungan maupun di pinggiran jalan yang memiliki bentuk unik. Banyak pemburu bonsai yang menjadikannya sebagai jenis bonsai Konvensional/bonsai alam.

Saya sendiri mulai tertarik untuk mencari serut karena telah melihat dari beberapa serut yang telah di dapatkan dari adik sepupu saya ini, ia menekuni Hobinya tersebut sejak awal 2009-an yang lalu, meskipun belum berhasil namun yang namanya hobi pasti mengalahkan segalanya.

Di Tuban sendiri sudah banyak penghobi Bonsai serut batu yang keren abis!! dan sudah menjuarai beberapa kontes nasional, tapi, Untuk bisa memiliki serut seperti ini kita juga harus tahu Ilmunya, Bukan asal-asalan mencari lalu menanam.

Nah jika anda tertarik dengan serut batu, saya kira Di Tuban masih berjuta juta setock serut yang masih Liar, Jika memang dipegunungan kita bisa langsung mengambilnya, tapi, jika serut tersebut berada di tanah Orang. alangkah baiknya kita minta izin dulu.

Dan yang perlu diketahui, mencari serut dan mengambilnya bukanlah hal yang mudah, , Tenaga, kesabaran yang Extra juga harus dilibatkan dalam mencari Bonsai serut ini. Jika anda tidak sabar? Maka sudah bisa dipastikan anda akan gagal!.

Jadi, wajar saja jika pohon serut sudah jadi, harganya mahal sampai berjuta-juta bahkan sampai Miliaran, Karena Untuk mencari serut sendiri sudah memakan banyak tenaga, Belum juga merawatnya hingga menjadi Cantik.

Biasanya para pakar serut bisa menjadikan serutnya bisa tampil cantik kurang lebih 2-3 Tahunan. Bukankah itu perjuangan? ya jelas lah,, merawat serut layaknya merawat anak sendiri, harus dengan belainan Khusus dan kasih sayang.

Selain perawatan yang Khusus pengambilan serut dari alam juga harus berhati-hati, Jika pemangkasan akar yang melukai akar utama serut bengkak, maka sudah bisa dipastikan akan gagal untuk hidup.

Berikut sedikit Vido Extreme yang sempat saya rekam.

0 Response to "Mencari serut batu di pegunungan Tuban"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Join Our Newsletter