Surat dalam gelas Untuk Kamu yang ada disana

Surat dalam gelas Untuk Kamu yang ada disana ~ Tulisan Santri

Mungkin ini bagimu lucu dan menggelikan, tetapi kukirim gelas-gelas ini padamu kumaksudkan sebagai simbol kita.  Duhai yang ada di sana, apapun tafsiranmu mengenai gelas-gelas yang kuberi, mengertilah bahwa inilah gambaran diriku. Gambaran yang dari dulu diputuskan Tuhan.

Aku dibuat oleh Tuhan terbiasa menyamakan sesuatu dengan benda-benda, biar pun sangat berlainan, aku tetap berusaha membuatnya sama. Tak kuperdulikan siapa pun yang menentangku, yang terpenting aku nyaman dengan perasaanku. Termasuk kusamkan maksud surat ini dengan gelas. Inilah yang sering disebut orang-orang sebuah analogi.

Duhai yang ada di sana, baiklah, engkau bebas menilai-ku, termasuk menganggapku ganjil sekali pun.  Apapun tafsiranmu mengenai gelas-gelas itu, hendaklah engkau simpan saja gelas-gelas itu, biarpun tidak dalam tempat berharga-mu, kuharap engkau mengamankan gelas-gelas itu.

Duhai yang ada di sana, selanjutnya indahkan kalimat-kalimat ini, bahwa dalam interpretasiku selaksa gelas. Gelas yang tampak elok mengkilat dan gelas yang tampak bening berkilau. Namun perhatikanlah, gelas-gelas itu mudah saja retak, mudah saja pecah, bahkan remuk sekali pun. Jika engkau meragukan, sentuhkan saja dia pada lantai maka akan meretak, atau jika masih bimbang, singgung saja dia pada tembok maka akan memecah, atau masih tak percaya,  lempar saja dia pada batu maka akan meremuk menjadi seripihan.

Duhai yang ada sana, itulah gelas yang mudah retak yang jika sudah retak susah diperbaiki semula, itulah gelas yang mudah pecah, yang jika telah pecah sulit dipulihkan semula, dan tulah gelas yang mudah remuk, yang jika terlanjur remuk sukar dikembalikan semula. Hei kamu yang ada di sana, Inilah yang aku Khawatirkan. Aku takut tiba-tiba ini retak, aku gelisah tiba-tiba ini pecah, aku cemas tiba-tiba ini remuk.

Duhai yang ada di sana, selanjutnya ini permintaanku padamu. Kita pelihara ini sesampai pucuk nyawa, kita rawat ini sesampai ujung hidup, kita selamatkan ini sesampai mata terahir ditutup. Gelas ini gelasmu, Gelas kita.

0 Response to "Surat dalam gelas Untuk Kamu yang ada disana"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Join Our Newsletter