8 Langkah praktis desain layout template blog agar nyaman untuk pengunjung


Selamat datang di blog kang santri, Template atau tampilan blog menjadi pilihan kedua setelah konten, Untuk itu tampilan blog menjadi faktor penting untuk memikat hati para pengunjung blog nantinya, Bayangkan saja, Jika di dunia offline, rumah adalah websitenya, jika rumah yang anda kelolah bersih rapi dan Nyaman, , pastinya tamu ( pengunjung ) akan merasa nyaman.

Saya yakin, sebaik baiknya tulisan anda, Jika tampilan blog anda tidak berkategori " Nyaman " Pengunjung akan lebih memilih meninggalkan blog anda, dan ini fakta!! saya pun sering melakukan hal demikian.

Pengunjung bisa sampai di blog anda karena mereka mencari Informasi melalui Google, lalu mereka menemukan blog anda ingin membaca isi dari judul yang telah mereka klik, hal pertama yang mereka butuhkan adalah Informasi, Bukan pernak pernik yang tidak terlalu penting yang dipasang di blog, Misalnya, Ada gambar kupu-kupu atau luwak sedang berjalan ke kanan kiri.

Nah,, disinilah pengunjung tidak akan merasa nyaman, bisa jadi, pembaca bukan malah fokus ke tulisan yang anda sajikan namun fokus kepada luwak yang berjalan ke kanan kiri.

Untuk itu, desain template sangat penting!! karena tampilan blog juga berpengaruh besar untuk kenyamanan pembaca, selain kerapian, template tersebut juga harus SEO.

Ada banyak diantara kita sesama blogger menganggap bahwa jika mereka menggunakan template SEO maka nanti bisa memiliki pengunjung yang banyak, katanya dengan menggunakan template SEO nanti trafik bisa meletus.

Maka dari itu rekan-rekan seprofesi utamanya yang masih baru mengenal dunia blogging tak segan-segan untuk menggunakan template yang disinyalir bisa mendatangkan pengunjung yang banyak.

Saran saya, sebaiknya sebelum anda menggunakan template maka anda harus paham dulu mengenai template yang anda gunakan SEO itu memiliki pengertian seperti apa. Apakah SEO itu hanya nama yang telah diberikan kepada pembuat template tersebut, atau memang struktur dari template itu sendiri memang sudah bagus.

Jadi, belum tentu jika anda menggunakan template yang SEO tadi pengunjung akan merasa betah berlama lama di blog anda, atau artikel yang anda buat juga akan gampang berada di halaman satu google.

Untuk itu, berikut ini tips membuat tampilan Blog anda agar enak dimata pengunjung


1. Perkenalkan Identitas Blog anda atau diri anda

Memperkenalkan diri terhadap pengunjung anda ada banyak cara yang bisa anda lakukan, anda bisa menambah Informasi G+ anda di bagian pinggir sidebar blog anda, atau anda juga bisa memasang header khusus untuk lebih mengenalkan konten blog anda kepada pengunjung.

Kalau saya cukup dengan memberikan Logo tulisan santricerdas.com, dan memberikan logo di halaman about pada blog ini, dengan begitu pengunjung akan tahu identitas diri anda atau blog anda sebagai rujukan para pencari Informasi.

2. Jangan menggunakan Template yang terlalu Ruwet dan mbulet

Biasanya yang membuat template jika dilihat berantakan, ruwet, mbulet, adalah karena tampilan template itu sendiri. Misalnya, terlalu banyak warna warni yang di terapkan, Motifnya terlalu ramai, ada juga yang menunya menggunakan font yang teralu ramai sehingga jika dilihat tidak begitu menyenangkan.

Sebenarnya desain tampilan maupun layout blog itu hak pemilik blog masing-masing dan sesuai dengan kepribadian masing-masing, tapi anda harus sadar jika blog yang anda buat nantinya akan dilihat banyak orang, karena itu, apa yang anda pilih itu belum tentu menjadi kesenangan pengunjung.

3. Template yang bagus itu yang simpel dan Responsive

Menurut saya, tmplate yang bagus adalah template yang simpel yang mempunyai tampilan tidak terlalu ruwet, mbulet, atau banyak pernak pernik lainya, Sejatinya. Pengunjung bisa sampai ke blog anda itu karena mereka ingin membaca isi di dalam blog anda, bukan melihat kecanggihan tampilan blog anda.

4. Peran warna sangatlah penting

Dalam tampilan website atau blog, peran warna sangatlah penting. jika warna dari tampilan blog anda terlalu mencolok, hal tersebut bisa membuat mata pengunjung cepat sakit dan tidak akan betah berlama-lama di blog anda.

5. Bersihkan Sidebar dari banner dan tetek bengek

Nah banner ini yang biasanya banyak saya lihat ada beberapa banner bahkan 5 sekaligus dipasang di blog, saya yakin pengunjung akan merasa risih dengan banyaknya banner yang mereka lihat.

Menempelkan banner tidak masalah, asalkan jangan asal asalan, cukup satu yang menurut anda penting, seperti banner komunitas.

6. Widget sosial media Sharring

Jangan lupa untuk memberikan wiget sosial media sharring di blog anda, siapa tahu nanti hati pengunjung terhipnotis akan tulisan anda lalu mereka saling share artikel anda.

Sepertinya hal yang satu ini sudah tidak terlalu asing, sudah banyak para blogger yang sadar betapa pentingnya sosial sharring untuk digunakan di blogNya masing-masing.

7. Template yang memiliki Loading cepat

Kecepatan loading sebuah template juga sangat mempengaruhi masa depan blog Anda. Pengunjung yang mengunjungi blog Anda akan merasa dimanjakan ketika proses loading tidak terjadi begitu lama.

Apa jadinya ketika seseorang mau mengunjungi blog Anda kemudian meninggalkan blog Anda dalam keadaan proses halaman sementara terload? Hal ini akan sangat berpengaruh bagi histori mesin pencari, mesin akan mengetahui sehingga mesin pencari seperti google akan merangking hal ini.

Jadi jangan heran ketika Anda memiliki tingkatan bouncing blog yang menggendut, salah satu penyebabnya adalah halaman blog Anda terload sangat lama.

Jadi silahkan pilih template dengan loading yang cepat. Anda bisa menguji kecepatan loading sebuah template sebelum Anda gunakan. Caranya dengan mengunjungi link berikut

8. Struktur Data Template

Template dengan struktur data error dapat membuat halaman-halaman Anda juga nantinya mendapati error pada webmastertools milik google, sebaliknya, template yang tanpa error maka dipastikan akan disukai mesin pencari.

Google juga memastikan bahwa template yang mengikuti kebijakan aturan, dimana template dengan no error pada struktr data akan lebih mudah dikenali oleh mesin perayap.

Maka dari itu gunakanlah template tanpa struktur data error atau jika Anda sudah terlanjur menggunakan template yang Anda sukai maka segera perbaiki agar kualitas blog Anda semakin baik dimata google. Untuk menguji apakah template yang Anda gunakan benar-benar bersih tanpa error bisa dengan mengunjungi link berikut: https://search.google.com/structured-data/testing-tool

0 Response to "8 Langkah praktis desain layout template blog agar nyaman untuk pengunjung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel